9/26/2013

Di Pantai Watulawang

Akhrinya sampailah kami pada sebuah pantai yang banyak dihiasi pohon pandan, lengkap dengan buahnya yang merah. Tapi buah ini rasanya tak seindah ujudnya, karena memang bukan untuk dimakan. 

Pantai Watulawang terletak di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya di sebelah Timur Pantai Pulang Sawal (Indrayanti) dan di sebelah Barat obyek wisata pantai Gunungkidul yang lain, yaitu Pantai Pok Tunggal. Koordinat GPS:   S8°9'14"  E110°37'6".
Akses kesini labih mudah ditempuh dari Pantai Pulang Sawal (indrayanti) dari pada Pok Tunggak, karena sudah ada jalan kecil. 
Pintu masuk nampak seperti celah diantara karang.


Disebut Watu Lawang karena di pantai tersebut terdapat Gua Batu yang digunakan untuk upacara adat Nyadranan, dimana pintu gua itu hanya terbuka dan bisa dimasuki orang banyak pada saat upacara adat itu saja.
Pantai ini masih sepi pengunjung, tapi lebih enak untuk cari wangsit, oh nggak, mencari ketenangan maksudnya. Cuma sayangnya, tempat ini sering disalahgunakan oleh pasangan pra nikah (wo.. memang mau nikah), untuk hm.. ya begitulah.
Nah dari pantai ini terlihat gazebo-gazebo bertebaran, termasuk diatas bukit.

Ini namanya moncong brontosaurus.
Ada tempat-tempat yang menarik di pantai ini, salah-satunya gua disisi barat pantai.
Lho.. guanya berpenghuni, dengan lantai berpasir putih, dan dinding karang berlumut.





Di depan gua ada karang besar yang menghimpit mulut gua dan dinding bukit, menyisakan celah sempit tapi cukup untuk menjadi akses dilewati pengunjung yang cukup nyali. Celah itu membentuk jalan menanjak.
 

Nah diatasnya bukit karang meraksasa, tegar perkasa.

Disisi barat dibatasi bukit, meski sepi diatasnya ada beberapa rumah-rumah kayu menyediakan tempat menginap. Bahkan lebih kebarat ada beberapa penginapan dengan bangunan permanen. Wah, beberapa tahun lagi dipastikan tempat ini akan dihuni banyak manusia.









Merenungi semesta...
Asma Allah terpahat diantara dinding-dinding karang
Kuasa menjulang mengatasi bukit-bukit
Tersebut dalam deru debur ombak

No comments:

Kepemimpinan dalam Islam

Kepemimpinan Kepemimpinan dalam berfungsi untuk mengkoordinasikan, memimpin dan mengatur setiap pelaksanaan syariat. Ada beberapa istilah ...