9/27/2013

Eksplorasi Makro Foto

Ada banyak tehnik dalam fotografi, salah satunya adalah Fotografi makro, menurut wikipedia Fotografi makro adalah fotografi dengan jarak sangat dekat untuk mendapatkan detail yang tinggi namun tidak memerlukan bantuan alat pembesar optik seperti mikroskopFotografi makro biasanya memiliki rasio 1:1 yaitu besar gambar yang dihasilkan sama ukurannya dengan benda aslinya atau bahkan lebih besar dari pada aslinya.
Keberhasilan foto makro yang utama adalah pada kemampuan lensa mengclose up obyek seoptimal mungkin tanpa kehilangan fokus.
Nah sayangnya lensa kamera yang sanggup melakukannya masih terbatas pada kamera dengan harga mahal, plus lensa tambahan yang tidak murah pula. Alhasil untuk berkreasi fotografi dengan teknik makro perlu kocek tebal.
Namun sesungguhnya jika kita cukup kreatif kita bisa me-rekayasa kamera biasa, ya sejenis kamera pocket, atau bahkan kamera dari telepon genggam untuk berkreasi dengan tehnik ini. Kuncinya bagaimana merekayasa lensa agar mampu mengclose up obyek dengan fokus yang baik.
Saya punya pengalaman unik untuk berbagi, yaitu karena saya kebetulan tidak punya kamera yang sanggup untuk membuat foto makro akhirnya saya berfikir, bagaimana memberikan lensa tambahan dari bahan yang murah untuk memendekan fokus obyek.
Suatu ketika saya jalan-jalan di pasar "klitikan" di daerah bantul, saat itu mata saya tertumbuk pada tabung mungil yang pada lubang kedua sisinya terdapat lensa. Saya kenal benda itu, tapi saya lupa..... wow ternyata itu lensa mikroskop analog. Akhirnya tabung lensa itu saya beli dengan harga 5000perak, murah bukan? Sampai dirumah saya bongkar lensanya dan isesng-iseng saya tempelkan pada lensa kamera HP, hasilnya, wow.... fokus kamera meningkat drastis, kalo kamera pocket biasanya optical zoom maksimal 5x lah. Pake lensa ini jauh diatasnya. Ingin tahu hasilnya, nih saya bagi buat saudara-saudara.

SEMUT, Kamera saku plus lensa bekas mikroskop
LUKA LAMA, Kamera saku plus lensa bekas mikroskop
Bunga Sirsak, Kamera saku + lensa mikroskop
Gantungan Kunci
SIAP MEKAR
RUMPUT LAUT, kamera ndroid (3mp)
TUMBUHAN KARANG, kamera ndroid (3mp)
BIOTA PANTAI SELATAN, kamera ndroid (3mp)
SIPUT LAUT, kamera ndroid (3mp)
BULU BABI, kamera ndroid (3mp)
BUNGA PERDU, POCKET KAMERA
BUNGA PERDU 2, POCKET KAMERA
BUNGA PERDU 3, POCKET KAMERA
BUNGA PERDU 4, POCKET KAMERA
BUNGA PERDU 5, POCKET KAMERA
BUNGA PERDU 6, POCKET KAMERA

No comments:

Kepemimpinan dalam Islam

Kepemimpinan Kepemimpinan dalam berfungsi untuk mengkoordinasikan, memimpin dan mengatur setiap pelaksanaan syariat. Ada beberapa istilah ...