9/26/2013

TRIP: Pantai Pok Tunggal

Sesekali keluar dari rutinitas tidak salah kan? Hitung-hitung me-refresh kembali processor otak yang berjubel hiruk pikuk masalah kehidupan. Memory yang terlalu padat menampung cache dan informasi yang tak perlu, registry yang sudah usang plus virus-virus, alhasil otak semakin culun, lebay, dan cenat-cenut.
Nah, kalau belum sempat punya waktu keluar, ada baiknya ikutin trip kami berpetualang di sepanjang pantai selatan Yogya, tepatnya Gunung Kidul. Nah mungkin anda ngga asih lah kalau mendengar pantai PARIS, wow parang tritis maksudnya, Pantai Samas, Depok, Kulwaru, Glagah dan sebagainya... semua ditepian pantai Jogja tengah kebarat. Nah sementara Jogja ketimur banyak yang belum tahu... ada beberapa yang sudah cukup terkenal seperti Pantai mBaron, Kukup, Krakal, yang lagi booming Pantai Indrayanti (bukan Krisdayanti lho), semua termasuk wilayah Gunung Kidul. Ada karakteristik yang menarik di Pantai-panti gunung Kidul:

  1. Pantai Gunung Kidul berpasir putih, beda dengan Bantul dan Kulon Progo yang berpasir hitam.
  2. Pantai Gunung Kidul dikelilingi bukit karang, beda dengan Pantai Bantul dan KP yang dikelilingi bukit pasir hitam.
  3. Pantai Gunung Kidul airnya jernih dan transparan, pantai barat jogja berwarna biru kecoklatan.
  4. Tepi pantai bersih, pantai barat jogja biasanya penuh dengan sampah.
  5. Tepi pantai banyak ditemukan binatang karang dan biota laut, pantai barat banyak ditemukan serpihan kayu, sampah bahkan bangkai binatang.hihihi...
Nah petualang kami dimulai dari base camp dirumah Bapak Dukuh Soka di Pathuk, di pagi hari sambil berkemas-kemas sambil minum teh.
Nah, di gambar keliatan si Bos "Amirul Safar" lagi bikin mie instant buat ngganjal perut. Ma'lum si Bos berangkat ba'da subuh sampai Nyonyah belum sempet bikin sarapan.
Nah kru yang lain juga bernasib serupa, jadi setali tiga dolar lah ya.... maksudnya sama-sama lapar. Juga si Bos berkenan pula membikinkan kita mie instant jadi cocoklah, amir kan khodimul umat artinya tukang nyiapin bekal...lho??? Hihi....
Kita tinggal nunggu kru yang lain, termasuk juru antar hehe... yang akan mengantar kita ketempat START dari rute trip kita.

Pantai Pok Tunggal

Trip kali ini akan dimulai dari Pantai Pok Tunggal. Pukul 08.30 kita start dari Pathuk menuju kesana. Lokasi Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta, tepatnya di sebelah timur Pantai Watulawang dan di sebelah barat Pantai Ngetun, sekita 50 km dari kota wonosari atau 2 jam waktu tempuh dari Jogja. Koordinat GPS: S8°9'20" E110°37'17".
Kita diantar sampai jalan aspal, akses ke Pok Tunggal masih jalan tanah yang paving blok pada dua sisi untuk lewat kendaraan Kami memilih untuk berjalan kaki. Cukup banyak para pengunjung yang mau kesana.

Nih saya kasih contoh para pengunjungnya..... wajah bahagia penuh dosa.... hihi...Apalagi busnya, spanduknya aja sangar bunyinya. Wisata penuh ancaman..wow.

Saking sempitnya jalan, para pemandu harus bekerja keras mengatur arus mudik, arus pengunjung maksudnya... apalagi yang memakai bis-bis besar agar bisa bersimpangan dengan damai. Maksudnya nggak saling gesek, soalnya jalannya sempit.

Nah pagi pejalan kaki atau pengendara sepeda motor, wow bebas jalan sesukanya asal sopan dan santun. Hehehe..






















Kono Pok Tunggal itu berasal dari sebuah pohon yang dijadikan icon tempat itu, yaitu sebatang pohon Duras yang tumbuh cantik di tepi pantai... nih pohonnya bro..

Cantik kan...?? Nah liat tuh tulisannya dilarang memanjat kecuali monyet, nah anda boleh milih, mau manjat apa kagak. Adil kan??












Indah kan? Makanya buruan kesana, keburu habis lho!!

 




Nah, itu jalan2 kami ke Pok Tunggal, nah tunggu ya, kami akan teruskan untuk menyusur pantai kearah barat. Targetnya sampe Baron, doakan biar nyampe....

No comments:

Kepemimpinan dalam Islam

Kepemimpinan Kepemimpinan dalam berfungsi untuk mengkoordinasikan, memimpin dan mengatur setiap pelaksanaan syariat. Ada beberapa istilah ...